UMKM Go Digital 4.0 (Pixabay)

UMKM zaman now didorong go digital (digital 4.0)

Kementerian Koperasi dan UKM menyebut, usaha kecil dan menengah saat ini merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 60% dengan serapan tenaga kerja terbesar, yaitu sampai 97,02%.

“Para pelaku UMKM yang bergerak di seluruh sektor bisnis ini menjadi kunci terwujudnya pemerataan ekonomi,“ kata Suparno dalam keterangan pers yang diterima kontan.co.id, Rabu (7/11).

Kementerian Koperasi dan UKM melihat, pentingnya penggunaan digital untuk membesarkan UKM Tanah Air. Karena itu, Gebyar UKM tahun ini yang digelar di Kulonprogo, Yogyakarta bertemakan “UKM Indonesia Jaman Now: Kewirausahaan + Pemasaran = Sukses Bisnis”. Tema tersebut dinilai relevan dalam memasuki era ekonomi digital dan era Revolusi Industri 4.0.

Adapun temaini mengusung konsep kekinian, yaitu UKM Indonesia jaman now, dengan dominasi teknologi digital yang telah banyak dimanfaatkan terutama dalam pemasaran dengan tetap menjaga semangat kewirausahaan.

Dengan tema tersebut pelaku UMKM dituntut untuk menggunakan teknologi digital dalam pengelolaan bisnisnya dan untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Para pelaku UMKM juga diharapkan dapat fokus terhadap kualitas SDM yang dapat  menciptakan  inovasi baru dalam memenuhi permintaan pasar yang sangat cepat berubah. Sumber: Kontan